Postingan ini kelanjutan dari postingan pertama tentang Apa itu Logika Fuzzy? Di postingan tersebut saya menyebut tentang berbagai jurnal Indonesia tentang logika fuzzy terkhusus jurnal sarjana.
Alasan saya membagikan ini adalah memberikan wawasan kepada teman-teman tentang kemana saja sih logika fuzzy bisa digunakan?
Pertama kali Logika Fuzzy diaplikasikan ke dunia nyata pada tahun 1990 di Jepang oleh perusahaan Matsushita Electric Industrial Company terhadap mesin cuci (ini jurnalnya). Sistem fuzzy ini digunakan untuk menentukan putaran yang tepat secara otomatis berdasarkan jenis dan banyaknya kotoran serta jumlah yang akan dicuci (berarti nih, butuh banyak uji coba ini). Input yang digunakan adalah: seberapa kotor, jenis kotoran, dan banyaknya yang dicuci. Mesin ini menggunakan sensor optik, mengeluarkan cahaya ke air dan mengukur bagaimana cahaya tersebut sampai ke ujung lainnya. Makin kotor, maka sinar yang sampai makin redup. Di samping itu, sistem juga dapat menentukan jenis kotoran (daki atau minyak).
Contoh lainnya bisa dilihat di bawah ini!
Pemberian Rekomendasi Menu Makanan Menggunakan Logika Fuzzy
Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia (ABBI) Bekasi
Implementasi Metode Logika Fuzzy dalam Pembangunan Sistem Optimalisasi Lampu Lalu Lintas
Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia (ABBI) Bekasi
Implementasi Metode Logika Fuzzy dalam Pembangunan Sistem Optimalisasi Lampu Lalu Lintas
Penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto pada Penilaian Mutu Air Mineral (Studi Kasus PDAM Kota Bengkulu)
Menerapkan Metode Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Harga Batik
Implementasi Logika Fuzzy pada Robot ROV dalam Menghadapi Arus Air
Aplikasi Fuzzy Logic untuk Pengendali Motor DC berbasis Mikrokontroler ATMega 8535 dengan Sensor Photdioda
Prediksi Permintaan Produk Mie Instan dengan Metode Fuzzy Takagi-Sugeno
Logika Fuzzy untuk Kendali Suhu Ruangan pada Air Conditioner (AC) di Ruang Dosen STMIK Indonesia Padang
Perancangan Game Turn Based Strategy Menggunakan Logika Fuzzy dan Naive Bayes Classifier
Implementasi Metode Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Berdasarkan Karakteristik Lahan Budidaya Perikanan
Pengendalian Robot Mobil Otonom Pemotong Rumput Menggunakan Metode Logika Fuzzy
Navigasi Berbasis Behavior dan Fuzzy Logic pada Simulasi Robot Bergerak Otonom
Perancangan Pengendali Robot Bergerak Berbasis Perilaku Menggunakan Particle Swarm Fuzzy Controller
Prediksi Kepadatan Kendaraan Bermotor Berdasarkan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas dengan Menggunakan Logika Fuzzy
Penerapan Logika Fuzzy pada Penilaian Mutu Dosen Terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi
Simulasi Kinerja Siswa dengan Metode Inferensi Fuzzy Sugeno Menggunakan Aplikasi Matlab
Kombinasi Metode Multilayer Perceptron dan Teori Fuzzy untuk Klasifikasi Data Medis
Klasifikasi Fase Pertumbuhan Padi Berdasarkan Citra Hiperspektral dengan Modifikasi Logika Fuzzy
Sistem Kontrol Nutrisi Hidroponik dengan Menggunakan Logika Fuzzy
Fuzzy Logic untuk Menentukan Lokasi Kios Terbaik di Kepri Mall dengan Menggunakan Metode Sugeno
Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Smartphone dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
Prediksi Ketersediaan Beras di Masyarakat Menggunakan Logika Fuzzy dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan (Studi Kasus di Kecamatan Harau)
Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Pemberian Pinjaman dengan Metode Fuzzy Tsukamoto
Implementasi Logika Fuzzy untuk Purwarupa Pengkondisian AC dan Lampu Otomatis pada Sebuah Ruangan
Penentuan Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Fuzzy Mamdani
Metode Logika Fuzzy sebagai Evaluasi Distribusi Daya Listrik Berdasarkan Beban Puncak Pembangkit Tenaga Listrik
Penerapan Logika Fuzzy pada Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic Net
Fuzzy Decision Support System (FDSS) untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno untuk Pengaturan Clue pada Game Ali and The Labirin
Kendali Logika Fuzzy pada Car Like Mobile Robot (CLMR) Penjejak Garis
Kecerdasan Buatan dalam Game untuk Merespon Emosi dari Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan Klasifikasi Teks dan Logika Fuzzy
Perancangan Robot Pendeteksi Lingkungan Berbahaya Berbasis Logika Fuzzy dan Kontrol Android
Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani
Sistem Pakar untuk Menentukan Status Kesehatan Ibu Hamil dengan Metode Inferensi Fuzzy Sugeno
Aplikasi Hasil Pencarian dan Rute Pengiriman Barang dari Solusi Masalah Transportasi Bikriteria dengan Metode Logika Fuzzy
Analisis Komparasi Metode Sugeno dan Tsukamoto dalam Memprediksi Jumlah Siswa Baru
Peramalan Menggunakan Fuzzy Time Series Chen (Studi Kasus: Curah Hujan Kota Samarinda
Penentuan Prioritas Perguruan Tinggi Negeri di IndonesiaMenggunakan Metode Analisa Fuzzy Topsis
Fuzzy Logic untuk Menentukan Penjualan Rumah dengan Metode Mamdani (Studi Kasus: PT Gracia Herald)
Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Menggunakan Logika Fuzzy
Jangan lupa sila untuk menambahi jurnal-jurnal terkait di kolom komentar.
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kritsarnya.